peluang usaha

Selasa, 22 Januari 2013

Mengubah Background GRUB2 di LinuxMint 8 (Helena)


Setelah berhasil mengubah isi grub2 di Linux Mint 8 Helena (Ubuntu 9.10 KarmicKoala) maka kali ini kita akan mencoba memodifikasi tampilan grub supaya beda dengan yang lain. Kalau di Linux Mint 8, tampilan grub memiliki latar belakang (background) hijau khas Linux Mint (kalau Ubuntu 9.10 saya gak gitu tahu). Nah sekarang kita akan mencoba menggantinya dengan sesuatu yang lain, maksudnya diganti dengan wallpaper atau gambar lain sesuai dengan selera anda masing-masing. Silahkan persiapkan amunisi yang diperlukan untuk melaksanakan misi kali ini :
  1. Pertama buka Terminal/Konsole dan ketikkan su (atau pakai sudo kalau pengen cara yang agak beda?). Masukkan password root. Kalau belom tahu caranya silahkan baca tulisan Mengubah Password Super User.
  2. Ketikkan chmod 775 /boot/grub/grub.cfg lalu tekan enter.
  3. Setelah itu ketikkan gedit /boot/grub/grub.cfg lalu tekan enter.
  4. Nah langkah berikutnya, tekan tombol Alt + F2 kemudian ketikkan gksu nautilus lalu tekan enter dan masukkan password user anda (password ini seperti ketika anda mengetikkan sudo di Terminal/Konsole).
  5. Cari gambar yang ingin anda jadikan background dan pastikan ukuran pixelnya adalah 640 x 480 pixel (atau ubah dulu dengan software image editing semacam Krita, The GIMP dan sejenisnnya). Kemudian copy gambar itu ke lokasi /boot/grub/
  6. Kembali ke file grub.cfg dan edit bagian if background_image /boot/grub/linuxmint.png ; then baris 50 kalau di tempat saya. Ganti linuxmint.png dengan nama file yang tadi anda copy-kan ke /boot/grub/
  7. Anda juga bisa mengedit tampilan warna tulisan di grub dengan mengedit bagian set color_normal dan set color_highlight dengan warna sesuai keinginan anda.
Kalau udah selesai tekan Ctrl + S dan tutup gedit, restart komputer/laptop dan lihatlah perubahan yang terjadi dengan grub anda. Kalau tampilannya berubah berarti anda sudah berhasil.  

0 komentar:

Posting Komentar